VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi
Kurikulum Satuan Pendidikan disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan
penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit
penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah:perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan
sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat,
era informasi, pengaruh
globalisasi terhadap perubahan
perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang
tua terhadap pendidikan, era perdagangan
bebas
Tantangan dan peluang itu harus direspon
oleh SMPN 6 Satu Atap Bayah, sehingga visi sekolah
diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan
profil sekolah yang diinginkan di masa
datang. Adapun visi SMPN 6 Satu Atap Bayah adalah:
BERDIKARI
(BERIMAN DAN
BERTAKWA, DEDIKATIF, KREATIF, RESPONSIF DAN INOVATIF)
B. Misi
Berdasarkan visi yang
telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:
1.
Melaksanakan
kegiatan pembelajaran Berpusat pada Siswa
2.
Mewujudkan nilai-nilai keimanan
dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang maha Esa.
3.
Memberikan
ruang kreativitas dalam kegiatan pembelajaran.
4.
Membiasakan
responsif terhadap perkembangan Ilmu dan Teknologi.
5. Mengembangkan Inovasi dalam menghadapi permasalahan pembelajaran.
C. Misi
Tujuan yang ingin dicapai SMPN Satu Atap 6 Bayah sebagai bentuk untuk mewujudkan visi sekolah yang tealah ditetapkan adalah sebagai berikut:
Tujuan Jangka Pendek (1 tahun)
- Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia
- Mendorong peserta didik untuk mampu mengreasikan ide yang dituangkan dalam tulisan atau tindakan yang berakar pada budaya lokal.
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang memacu peserta didik bernalar kritis, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan ide dan gagasan.
- Mengoptimalkan sarana prasarana sekolah yang menunjang peseta didik dalam mngreasikan ide/gagasan yang berakar pada nilai budaya lokal.
- Menciptakan peserta didik yang mampu bernalar kritis dalam pelaksanaan kegiatan berbasis proyek yang mnegedepankan jiwa kegotong-royongan
Tujuan Jangka Panjang (4 tahun )
- Merancang pembelajaran yang mengedepankan ciri khas sekolah dan daerah dalam nuansa kebhinekaan global yang harmonis.
- Membentuk peserta didik yang memiliki kemampuan daya saing, berkarakter, berprestasi dan memiliki pribadi yang beriman, rajin dan taat beribadah serta saling menghargai perbedaan dan mencintai lingkungan dan bangsanya;
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kehidupan nyata;
- Menjadi pemimpin bagi diri dan temannya untuk menjadi pribadi yang bernalar kritis, tangguh, percaya diri dan bangga dalam kegotong- royongan.
- Menguasai kecakapan dalam berkomunikasi sosial dan berjiwa kompetitif, kreatif dan mandiri yang tetap menjunjung budaya loka
- Mempunyai life skill yang mampu berdapatasi dengan perekembangan jaman.
- Mampu mengkreasikan ide/ gagasan yang dituangkan dalam tindakan atau karya yang berakar dari budaya lokal dalam kebhinekaan global.
- Mempunyai karakter yang sopan, santun dan dan mandiri, kreatif yang mampu bersaing sesuai perkembangan jaman.
- Menjadikan sekolah sebagai tempat untuk mengembangkan proses perkembangan intelektual, emosional, sosial, ketrampilan dan tumbuh kembang peserta didik sesuai tingkat kemampuan dan kondisi masing masing peserta didik yang mengedepankan nilai gotong royong.
- Menjadikan masyarakat dan orang tua sebagai mitra bersama dalam menjalankan penyelenggaraan pendidikan sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar